Minggu, 19 Januari 2014

Naskah Pidato Remaja Dalam Kehidupan Global

Naskah Pidato Remaja Dalam Kehidupan Global

Assalamualaikum Wr. Wb , Selamat siang semua ..
Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa karena atas rahmat dan berkatnya kita masih deberikan nikmat sehat sampai detik ini, dan kita masih diberikan kesempatan untuk dapat dipertemukan di ruangan ini.
Bapak / Ibu Guru yang saya hormati dan teman - teman semua yang saya cintai 


Pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan sebuah pidato dengan tema Remaja Dalam Kehidupan global.

Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini yang sedang hangat-hangatnya diperbincangan adalah mengenai kenakalan remaja di masa ini, itu semua sangat berkaitan erat dengan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan remaja. Mungkin teman-teman semua tau ya ap saja kenakalan remaja di masa ini, yang sering nonton berita tentunya pasti tau, kalau yang sering nonton sinetron mungkin tidak tau , nah ini juga merupakan contoh kecil kenakalan remaja, remaja sekarang rata-rata kerjaan kalau nonton tv pasti nonton sinetron, jarang ada yang nonton berita. Perlu teman-teman semua ketahui tayangan sinetron itu sangat berpengaruh pada perilaku remaja saat itu, remaja cenderung akan meniru hal yang baru dilihatnya, itu lah sifat remaja. Seperti contoh, sekarang banyak cewek-cewek yang memakai baju minim dan ketat, itu dilakukannya karena terinspirasi oleh tokoh sinetron yang ditontonnya. Bukan itu saja , masih banyak contoh lainnya.



Disini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang pengaruh globalisasi terhadap kehidupan remaja. Sama mau Tanya dulu, ada yang tau pengertian globalisasi?
Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal/mendunia . Secara istilah Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara.
Perkembangan yang paling menonjol dalam era globalisasi adalah globalisasi informasi, demikian juga dalam bidang sosial seperti gaya hidup. 
Serta hal ini dapat dipicu dari adanya penunjang arus informasi global melalui siaran televise, baik langsung maupun tidak langsung, dapat menimbulkan rasa simpati masyarakat namun bisa juga menimbulkan kesenjangan sosial. 
Terjadinya perubahan nilai-nilai sosial pada masyarakat, sehingga memunculkan kelompok spesialis diluar negeri dari pada dinegaranya sendiri, seperti meniru gaya punk, cara bergaul.
Nah berangkat dari situlah Globalisasi telah menimbulkan dampak yang begitu besar dalam dimensi kehidupan manusia terutama dalam kehidupan remaja, karena globalisasi merupakan proses internasionalisasi seluruh tatanan masyarakan modern, tidak ada yang terkecuali dari anak-anak samapi orang dewas semuanya akan merasakan dampak globalisasi. Sehingga terjadi dampak yang beragam terutama pada aspek sosial dampak. Ya memang ada dampak positifnya, namun menurut saya lebih banyak dampak negatinya. Dampak positif nya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. 
Sedangkan dampak negatifnya, banyaknya nilai dan budaya masyarakat yang mengalami perubahan dengan cara meniru atau menerapkannya secara selektif. karena itulah yang menyebabkan maraknya kenakalan remaja saat ini.
Mungkin dalam hati teman-teman timbul tanda Tanya, mengapa dampak globaliasi ini hanya menonjol di kalangan remaja saja?
Perlu teman-teman semua ketahui
a. Masa remaja adalah masa peralihan 
Periode ini menuntut seorang anak untuk meninggalkan sifat-sifat kekanak-kanakannya dan harus mempelajari pola-pola perilaku dan sikap-sikap baru untuk menggantikan dan meninggalkan pola-pola perilaku sebelumnya.
b. Masa remaja adalah periode perubahan 
Terdapat lima karakteristik perubahan yang khas dalam periode ini yaitu, (1) peningkatan emosionalitas, (2) perubahan cepat yang menyertai kematangan seksual, (3) perubahan tubuh, minat dan peran yang dituntut oleh lingkungan yang menimbulkan masalah baru, (4) karena perubahan minat dan pola perilaku maka terjadi pula perubahan nilai, dan (5) kebanyakan remaja merasa ambivalent terhadap perubahan yang terjadi. 
c. Masa remaja adalah usia bermasalah 
Pada periode ini membawa masalah yang sulit untuk ditangani baik bagi anak laki-laki maupun perempuan. Hal ini disebabkan oleh dua lasan yaitu : pertama, pada saat anak-anak paling tidak sebagian masalah diselesaikan oleh orang tua atau guru, sedangkan sekarang individu dituntut untuk bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Kedua, karena mereka dituntut untuk mandiri maka seringkali menolak untuk dibantu oleh orang tua atau guru, sehingga menimbulkan kegagalan-kegagalan dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

1 komentar:

  1. ijin yimak sob salam sukses selalu healthtozone.blogspot.com

    BalasHapus

 
Copyright © 2012. Zombie 1 - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger